Tips Pindahan Efektif, Cara Mengatur Barang dengan Cermat

Tips Pindahan Efektif, Cara Mengatur Barang dengan Cermat

Jasa Pindah -Ketika pindahan, banyak hal-hal yang harus diperhatikan. Dari cara mengemas barang dengan efisien hingga strategi menyusun perencanaan yang matang, mari kita jelajahi Tips Pindahan yang efektif, dengan perencanaan yang matang dan aman.

Berikut Tips Pindahan Efektif

Menyusun Daftar Barang dengan Rapi

Sebelum menyentuh satu kotak pun, buatlah daftar barang yang akan kamu bawa. Buatlah daftar yang rinci dengan membagi barang berdasarkan kategori. Misalnya, kategori pakaian, peralatan dapur, atau barang-benda pribadi. Dengan daftar yang terstruktur, proses pengemasan akan menjadi lebih terorganisir.

Pisahkan Barang yang Tidak Diperlukan

Jangan ragu untuk merenungkan keberadaan barang yang sudah lama terabaikan. Pisahkan barang yang tidak diperlukan atau sudah tidak digunakan lagi. Inilah saatnya untuk memberikan kesempatan bagi barang lain yang lebih bernilai atau memberdayakan orang lain. Buat tumpukan “Dijual,” “Diberikan,” atau “Dibuang” agar proses seleksi menjadi lebih mudah.

Investasikan dalam Material Pengemasan yang Baik

Tips efektif pindahan tidak dapat lepas dari pembicaraan mengenai material pengemasan. Pastikan memiliki kotak yang cukup, bubble wrap, kertas khusus, dan selotip. Barang-barang yang rapuh atau bernilai sentimental perlu perlindungan ekstra. Jangan ragu untuk berinvestasi dalam material berkualitas untuk melindungi barang berharga.

Kemas Barang Sesuai Kategori

Penting untuk mengemas barang berdasarkan kategorinya. Misalnya, pakaian bersama-sama, peralatan dapur bersama-sama. Dengan cara ini, ketika tiba saat membuka kotak di rumah baru, tidak akan sulit menemukan barang yang dibutuhkan. Beri label pada setiap kotak dengan jelas, seperti “Pakaian,” “Buku,” atau “Dapur,” untuk memudahkan identifikasi.

Tandai Kotak dengan Jelas

Memberi label pada setiap kotak dengan jelas sangat penting. Tulis kategori barang dan nama ruangan di mana kotak tersebut seharusnya ditempatkan. Misalnya, “Pakaian – Kamar Utama” atau “Peralatan Dapur – Dapur.” Ini tidak hanya membantu tim jasa pindahan, tetapi juga memudahkan dirimu sendiri saat membongkar nanti.

Jangan Terlalu Memaksa Mengisi Satu Kotak sampai Penuh

Godaan untuk memasukkan terlalu banyak barang ke dalam satu kotak bisa besar. Namun, hindarilah hal ini. Memuat terlalu banyak barang tidak hanya meningkatkan risiko kerusakan, tetapi juga membuat kotak menjadi terlalu berat. Lebih baik menggunakan lebih banyak kotak dengan beban yang terdistribusi dengan baik. Pisahkan barang yang rentan terhadap tekanan atau yang memiliki berat lebih.

Gunakan Baju sebagai Pelindung Ekstra

Salah satu tips kreatif yang sering diabaikan adalah menggunakan pakaian sebagai pelindung tambahan untuk barang rapuh. Baju-baju yang tebal atau handuk dapat memberikan lapisan perlindungan ekstra untuk barang kaca atau porselen. Gunakan pakaian yang tidak digunakan untuk membungkus dengan aman dan memberikan buffer tambahan.

Simpan Barang Penting di Kotak Terpisah

Perlengkapan mandi, dokumen penting, dan barang berharga lainnya sebaiknya disimpan dalam kotak terpisah yang mudah diakses. Jangan sampai kamu harus membongkar seluruh isi mobil atau truk hanya untuk menemukan benda kecil yang sangat penting. Beri label “Barang Penting” atau “Akses Langsung” pada kotak tersebut.

Percayakan Pindahan Anda pada Jasa Profesional

Dengan layanan profesional dan tim berkomitmen, kami bukan hanya membawa barang Anda dari satu tempat ke tempat lain, tetapi juga membawa ketenangan pikiran. Percayakan setiap langkah perpindahan Anda kepada ahli kami yang tidak hanya memahami arti setiap barang Anda tetapi juga mengerti akan arti pentingnya perpindahan itu sendiri. Mari bersama-sama menciptakan perjalanan baru yang dimulai dengan penuh kepercayaan, dengan Pilar Transport sebagai mitra pilihan Anda.

Dengan segala tips efektif ini, aku merasa lebih siap untuk melangkah menuju petualangan baru di rumah yang akan datang. Mengemas barang bukan hanya sekadar pekerjaan, tetapi juga bagian dari proses transisi menuju babak baru dalam hidup. Dengan hati ringan dan kotak penuh harapan, mari kita melangkah dengan percaya diri ke rumah baru, membuka lembaran baru dalam kisah hidup kita.

Dijamin Gak akan Salah Langkah Jika Kamu Ikuti Tips Mengambil Keputusan Disini!

Dijamin Gak akan Salah Langkah Jika Kamu Ikuti Tips Mengambil Keputusan Disini!

Dijamin Gak akan Salah Langkah Jika Kamu Ikuti Tips Mengambil Keputusan Disini!

Mengambil keputusan bukan semata-mata kamu memilih salah satu di antara banyaknya pilihan. Namun kamu juga perlu mempertimbangkan risiko dan segala kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi. Mulai dari kemungkinan baik sampai kemungkinan buruk. Itulah mengapa kamu perlu memahami bagaimana cara mengambil keputusan dengan baik. Nah, langsung aja yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan

Keputusan yang baik tidak harus didapatkan secara cepat namun tepat. Kamu tidak boleh terburu-buru dalam mengambil keputusan yang akhirnya dapat menyebabkan penyesalan di masa mendatang.

Jangan sekali-kali kamu mengambil keputusan dalam keadaan emosi yang tak terkendali. William Helmreich, penulis What Was I Thinking? The Dumb Things We Do and How to Avoid Them menyarankan, siapa pun yang sedang dalam kondisi emosi sebaiknya menunggu lima jam sebelum membuat keputusan akhir.

2. Kumpulkan semua informasi

Hal penting yang harus kamu lakukan sebelum mengambil keputusan adalah dengan mengumpulkan semua informasi dari masalah yang ada. Bersikaplah netral dengan semua fakta yang kamu temukan. Jangan menutup mata meskipun fakta yang kamu temukan tidak sesuai dengan keinginanmu.

Dalam proses ini kamu akan menemukan berbagai fakta mulai dari yang bersifat menguntungkan sampai merugikan. Informasi yang kamu dapatkan ini nantinya bisa kamu jadikan sebagai acuan dalam memilih keputusan. Dengan begitu maka kamu akan semakin mudah dalam mempertimbangkan keputusan mana yang akan kamu ambil.

3. Pertimbangkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi

Setelah mempunyai data dan fakta maka hal yang selanjutnya perlu kamu lakukan adalah mempertimbangkannya. Kamu bisa melakukannya dengan cara membandingkan dampak positif dan dampak negatifnya. Pilihlah keputusan yang mempunyai banyak keuntungan dan minim risiko.

Jika kamu masih merasa kesulitan dalam menentukan pilihan maka susunlah pilihan-pilihan tersebut dalam sebuah daftar. Kemudian tulisan segala keuntungan juga risiko yang bisa terjadi. Lalu eliminasi pilihan yang punya risiko tinggi dan keuntungannya kecil sampai kamu bisa menetapkan satu pilihan.

4. Ingat target yang ingin kamu dapatkan

Untuk mengambil sebuah keputusan maka alangkah baiknya kamu sudah mempunyai target. Membuat target akan membuatmu lebih mudah dalam menentukan langkah. Tiap orang bisa saja mempunyai target yang berbeda, karena itulah kamu perlu mengingat targetmu sendiri.

Catatlah semua target yang ingin kamu capai. Kemudian tentukan langkah yang akan kamu lakukan dalam mencapai target tersebut. Dengan begitu kamu akan mempunyai pandangan terhadap pilihan yang nantinya akan kamu pilih.

5. Tanyakan pada orang yang kamu percaya

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan ketika masih buntu dalam mengambil keputusan adalah dengan menanyakannya kepada orang yang kamu percaya. Bisa kepada orangtua, teman, sahabat, ataupun pacar. Tentunya orang yang kamu tuju ini juga harus mempunyai kredibilitas dan pengalaman yang baik.

Orang tepercaya kemungkinan besar memiliki kedekatan yang baik denganmu. Carilah orang yang benar-benar kamu percaya dan mengenalmu lebih dalam. Ini akan menjadikan mereka dapat memberi saran sesuai dengan hal yang kamu butuhkan.

Setiap langkah pasti memiliki risikonya masing-masing. Hal tersebut tergantung dari bagaimana kita dapat menghadapinya dengan baik. Keputusan yang baik akan mengantarkanmu pada keberhasilan, begitu pun sebaliknya. Jangan lupa terapkan tips di atas agar kamu tidak salah langkah dalam mengambil keputusan, ya!

Nah, kalau mengambil keputusan saat kamu ingin pindah rumah, pindah kos ataupun angkut barang-barang berat dan besar, sudah pasti keputusan yang tepat adalah dengan menggunakan jasa pindahan dari Pilar Utama!

Jasa pindahan rumah Pilar Utama akan memudahkan kamu dalam memindahkan barang dan kami juga menyediakan berbagai macam armada untuk kamu. Kalau mau pindahan rumah, pakai jasa pindahan dari Pilar Utama aja ya!

Menghilangkan Bau Apek Lemari dengan Cara Simple Ini

Menghilangkan Bau Apek Lemari dengan Cara Simple Ini

Baju yang kamu pakai sering bau apek? Pasti gak enak banget ya Sobat Pilar. Apalagi jika pakaian tersebut kamu perlu gunakan setiap hari. Kabar buruknya, bau apek juga bisa berpindah ke dari satu baju ke baju atau celana lainnya.

Selain membuatmu merasa risih, orang lain yang mencium aromanya juga merasa terganggu. Tenang aja, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bau apek pada pakaian kok!

Simak cara cegah bau apek pakaian di lemari di ulasan berikut ini, cara menghilangkan bau apek lemari.

1. Cara menghilangkan bau apek dengan wewangian

Jika kamu selama ini menggunakan cologne, parfum, atau wewangian lain untuk menghilangkan bau sangat sia-sia. Jenis aromatik ini justru membuat bau semakin nggak sedap. Gantilah dengan menggunakan wewangian herbal kering.

Taruh satu sachet daun mint, rosemary, lavender, lemon balm, juniper di lemari pakaian. Namun, kalau kamu menyukai aroma jeruk, tinggal memasukkan lemon kering atau kulit jeruk ke dalam kantong.

2. Biarkan lemari terbuka

Lemari kamu perlu diberikan udara segar, lho. Lemari akan berbau tak sedap jika selalu dibiarkan tertutup tanpa ada sirkulasi udara. Ketika kamu selesai membersihkan lemari, usahakan jangan langsung menutupnya.

Diamkan lemari kosong dalam beberapa hari. Cara tersebut tampaknya mampu menghilangkan bau apek secara menyeluruh. Nah, kamu sebaiknya sering melakukan hal ini agar bau tak enak dapat dicegah dengan maksimal.

3. Jemur pakaian hingga kering dan setrika

Perhatikan pakaian yang sedang kamu jemur. Jangan langsung menyimpannya di lemari jika belum kering. Sinar matahari dapat menghilangkan spora jamur yang ada pada pakaian dan angin akan menghilangkan kelembaban.

Jika kamu nggak bisa mengeringkan pakaian, saat mencucinya tambahkan cuka ke air bilasan. Kemudian tambahkan sedikit air beraroma ke setrika supaya dapat menghilangkan bau lembap.

Air beraroma mudah kamu temukan di toko bahan kimia rumah tangga. Setelah selesai menyetrika, pakaian perlu didiamkan sebentar untuk ‘pendinginan’. Tunggu sampai benar-benar kering, lalu simpan di lemari.

4. Rutin membersihkan lemari

Cara mencegah agar pakaian nggak bau apek di lemari adalah membersihkan lemari pakaian secara rutin. Keluarkan semua pakaian, lalu bersihkanlah. Gunakan kain setengah basah atau kanebo yang lembap.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengelap lemari lagi dengan lap kering. Bila lemarimu terbuat dari bahan kayu, semprotan pernis juga dapat kamu gunakan. Alternatif ini bisa membuat lemari terlihat mengilap seperti baru.

5. Atur ulang posisi lemari

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan, yaitu mengecek posisi lemari kamu. Hindari meletakkan lemari dengan posisi menempel langsung ke dinding.

Posisi tersebut akan membuat sirkulasi udara di sekitar lemari menjadi buruk. Hasilnya di dalam lemari akan cepat muncul bau apek dan berjamur. Sisakan sedikit jarak antara lemari dan dinding ruangan, ya.

Semoga 5 tips di atas dapat bermanfaat ya! Kamu bisa langsung praktekkan di rumah juga. Selain itu, tips di atas juga sangat berguna buat kamu yang baru pindah rumah lho!

Tapi sebelum itu, kamu bisa membuat pindahan rumah jadi lebih simple dan terjangkau dengan Pilar Utama sebagai partner jasa pindahan rumah kamu! Pilar Utama menyediakan jasa pindahan rumah dengan berbagai pilihan armada untuk kebutuhan kamu. Gak cuma itu, Pilar Utama juga bisa mengirim paket kamu ke luar pulau. Pokoknya, jasa pindahan rumah yang gak pernah semudah ini deh!

Kamu Anak Kosan? Ikuti Tips Ini untuk Menghindari Ruangan Kos Sempit Yuk!

Kamu Anak Kosan? Ikuti Tips Ini untuk Menghindari Ruangan Kos Sempit Yuk!

Kamu Anak Kosan? Ikuti Tips Ini untuk Menghindari Ruangan Kos Sempit Yuk!

Jika sebelumnya segala kebutuhan sudah tersedia lengkap di rumah, sebagai anak kos maka kamu harus mempersiapkan semuanya sendiri. Ruangan kos sendiri biasanya gak terlalu besar dan hanya muat untuk barang-barang penting saja.

Oleh karena itu, kamu harus bisa memilih benda-benda yang sangat fungsional agar segala kebutuhan dapat terpenuhi. Nah, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti untuk memilih furnitur di dalam kos.

1. Pilih barang-barang yang fungsional untuk menghemat ruangan dan pengeluaran

Mengingat ukuran kamar kos gak terlalu besar, jadi sebaiknya kamu membeli barang-barang yang memiliki fungsi ganda. Dilansir the spruce, Abe Abbas, seorang furniture expert, menyebutkan bahwa kamu bisa mempertimbangkan untuk memilih furnitur yang memiliki fungsi ganda seperti futon yang bisa dijadikan kasur untuk malam hari dan menjadi sofa untuk siang hari.

Selain itu, pindah dan menetap di luar kota mungkin akan membutuhkan penyesuaian finansial untuk beberapa waktu, terlebih jika kamu tinggal sendirian. Sehingga, memilih benda-benda yang fungsional tersebut juga dapat menekan pengeluaran kamu karena kamu gak usah beli banyak benda untuk disimpan di kamar kos.

2. Pilih perabotan yang bisa dilipat dan terorganisir

Selain memilih benda-benda yang memiliki fungsi ganda, untuk lebih menghemat ruangan kamu juga bisa memilih furnitur yang bisa dilipat dan mudah disimpan. Abe Abbas memberikan saran, kamu bisa memilih kursi lipat dan kantong tidur jika ada teman yang menginap.

Selanjutnya, ketika gak dipakai kamu bisa menyimpan furnitur tersebut di lemari, kolong meja, dan tempat lainnya. Pastikan untuk menata barang-barang tersebut secara terorganisir agar gak berantakan dan mudah ditemukan saat hendak digunakan kembali.

3. Pilih keranjang untuk menyimpan barang-barang

Sebagai mahasiswa, kamu mungkin akan membutuhkan banyak barang untuk kepentingan praktikum dan perlu menyimpannya di kamar kos. Barang-barang tersebut haruslah ditata secara terorganisir dan dipastikan keamanannya.

Abe Abbas menyebutkan bahwa, kamu bisa menggunakan kotak penyimpanan atau keranjang untuk menyimpan benda-benda tersebut daripada harus membiarkannya tergeletak di kamar kos. Kotak penyimpanan ini sangat mudah ditemukan dan kamu bisa menyimpannya dengan mudah di mana saja, misalnya di atas lemari atau di kolong meja.

4. Gunakan nesting table sebagai pengganti meja biasa

Saat tinggal di kamar kos, kamu mungkin akan butuh meja untuk menyimpan makanan dan benda-benda lainnya. Namun karena memiliki ruangan yang gak terlalu luas, kamu gak bisa membeli beberapa meja untuk berbagai kepentingan tersebut. Jadi, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan nesting table atau meja yang bisa disusun secara bertumpuk.

5. Pilih furnitur ottoman yang multifungsi

Tinggal di kamar kos yang gak terlalu luas, mengharuskan kamu untuk bisa berpikir lebih visioner. Ketika membeli suatu furnitur, maka sebaiknya pilih yang gak hanya berfungsi untuk satu hal saja karena itu hanya akan memakan tempat dan menjadikan ruangan semakin terasa sempit.

Dikutip Houzz, Georgia madden, seorang jurnalis untuk spesialisasi home renovations, design dan decor trends, mengatakan bahwa, memilih furnitur ottoman sangatlah berguna karena bisa berfungsi untuk banyak hal. Mulai dari tempat penyimpanan tambahan, tempat duduk, tumpuan kaki, hingga meja darurat untuk menyimpan buku, dan sebagainya.

Tinggal di kamar kos yang gak terlalu besar bukan berarti kamu gak bisa hidup nyaman. Dengan melakukan penataan yang tepat, tentu akan membuat kamu jauh lebih betah tinggal di kamar kos.

Nah, kalau kamu mau mulai pindah kamar kos, kamu bisa banget menghubungi jasa pindahan rumah dari Pilar Utama! Jasa pindahan rumah Pilar Utama akan memudahkan kamu dalam memindahkan barang dan kami juga menyediakan berbagai macam armada untuk kamu. Kalau mau pindahan rumah, pakai jasa pindahan dari Pilar Utama aja ya!

Homestay di Dieng? Ini 8 Rekomendasi dengan Fasilitas Terbaik!

Homestay di Dieng? Ini 8 Rekomendasi dengan Fasilitas Terbaik!

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Pulau Jawa yang terkenal karena keindahan alamnya. Kamu bisa menemukan keindahan pegunungan, peninggalan candi bersejarah, udara yang sejuk, dan budaya-budaya menarik di Dieng.

Salah satu destinasi yang paling terkenal adalah Gunung Sikunir. Gunung ini terletak di ketinggian 2.463 MDPL dan kamu dapat menikmati salah satu pemandangan sunrise terbaik di Indonesia.

Gak perlu dibayangin, kamu bisa langsung cobain lihat keindahan alam Dieng hanya dari kamar. Yap! Tentunya kamu harus menginap di penginapan Dieng yang menyediakan pemandangan bagus. Tidak perlu bingung cari referensinya, kami sudah kumpulkan 8 homestay terbaik di Dieng!

1. Homestay Dieng Cool

homestay dieng dengan view terbaik - homestay dieng cool
Sumber: Booking.com

Homestay Dieng Cool juga merupakan salah satu tempat penginapan yang terkenal karena tempat ini dekat dengan banyak objek wisata seperti Telaga Warna, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Ratapan Angin, dan Sikunir.

Fasilitas yang Toppers dapatkan juga cukup lengkap, seperti dapur, kamar mandi, Wifi, dan juga ada paket tour. Pemandangan pegunungan Dieng yang ditawarkan oleh tempat ini juga sangat indah.

Dengan harga yang bersahabat, kamu sudah bisa merasakan indahnya menginap dengan suguhan kecantikan alam.

  • Alamat: Jalan Kawah Sikidang , Dieng Kulon, Karangsari, Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia, 53456
  • Harga: Mulai dari Rp250.000/malam*

2. Homestay Cahaya Sikunir

homestay dieng dengan view terbaik - homestay cahaya sikunir
Sumber: Homestay Cahaya Sikunir

Gunung Sikunir merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh Toppers. Oleh karena itu, menginap di Homestay Cahaya Sikunir merupakan salah satu pilihan yang terbaik.

homestay dieng dengan view terbaik - homestay cahaya sikunir
Sumber: Bobo Cantik

Di sini, kamu bisa langsung mendapat pemandangan Danau Cebong dan Gunung Sikunir, yang terletak hanya 30 menit dari tempat penginapan ini. Fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti Wifi, dapur, kamar mandi, dan ada tempat penyewaan motor dan mobil.

Bahkan dari kasur saja kamu sudah bisa menikmati view terbaik di penginapan ini. Benar-benar cara memulai hari yang menyenangkan!

  • Alamat: Jl. Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah, 56354
  • Harga: Mulai dari Rp300.000/malam*

3. Homestay Bunga

homestay dieng dengan view terbaik - homestay bunga
Sumber: Wisata Dieng

Homestay Bunga ini terletak berdekatan dengan objek wisata seperti Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Bukit Sikunir, dan lain-lain. Lokasinya strategis untuk jalan-jalan sekaligus mencari makan.

Toppers juga bisa menyalakan api di dapur untuk minum kopi bersama keluarga atau teman-teman sambil menghangatkan badan. Fasilitas yang ditawarkannya nyaman, bersih, dan cukup lengkap. Kamu bisa menyewa hanya satu kamar di Homestay Bunga atau menyewa satu rumah sekaligus.

  • Alamat: Jl. Dieng, Krajan, Dieng Kulon, Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
  • Harga: Mulai dari Rp150.000/malam*

4. Homestay Dewandaru

penginapan di dieng dengan view terbaik - homestay dewandaru
Sumber: Dieng Travel

Jika kamu berlibur ramai-ramai dan ingin menginap di rumah dengan konsep yang lebih modern, Homestay Dewandaru bisa menjadi pilihan yang cocok. Rumah ini memiliki lokasi yang strategis karena dekat dengan jalan raya, warung-warung, dan fasilitas seperti ATM.

Homestay ini terletak hanya 5 menit dari Candi Arjuna dan Gatutkaca, dan 15 menit dari Telaga Warna. Dengan udara Dieng yang dingin, kamu bisa menikmati air hangat di tempat penginapan ini.

  • Alamat: Jl. Dieng, RT.01/RW.03, Dieng Kulon, masuk kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, 53456
  • Harga: Mulai dari Rp1.400.000/malam* (satu rumah)

Pesan tiket kereta harus di tempat yang terpercaya. Caranya? Beli di Tokopedia!

5. Homestay Aman Griyo Farm House

penginapan di dieng dengan view terbaik - homestay aman griyo farmhouse
Sumber Gambar: Travelingyuk

Aman Griyo Farm House terletak di lokasi yang cukup unik, yaitu di tengah ladang penduduk. Dengan lokasi tersebut, homestay dengan konsep yang alami dan minimalis ini menjadi salah satu tempat penginapan favorit wisatawan.

penginapan di dieng dengan view terbaik - homestay aman griyo farm house
Sumber: Homestay Aman Griyo Farm House

Di rumah ini, kamu bisa mendapatkan pemandangan Bukit Pangonan dan desain interior dengan jendela yang besar membuat tempat ini terasa sangat alami. Di Aman Griyo Farm House, kamu akan mendapat fasilitas yang lengkap seperti area kerja, ranjang king size, air hangat, Wifi, dan lain-lain.

Sudah siap bangun tidur disambut dengan view terbaik Dieng?

  • Alamat: Jl. Telaga Warna, RT.04/RW.01, Dieng, Dieng Wetan, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354
  • Harga: Mulai dari Rp1,350.000/malam*

6. Homestay Syakira

penginapan di dieng dengan view terbaik - homestay syakira
Sumber: Dieng Travel

Homestay Syakira dapat membuatmu serasa di rumah sendiri. Tempat penginapan di Dieng ini memiliki fasilitas yang lengkap seperti TV, Wifi, minuman, dan lain-lain.

Jika kamu sedang kedinginan, kamu juga bisa meminta penghangat ruangan kepada pemilik rumah. Homestay dengan tipe sewa seluruh rumah ini cocok untuk pergi liburan bersama rombongan yang besar.

  • Alamat: Jl. Pring Gondani, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
  • Harga: Mulai dari Rp900.000/malam* (satu rumah)

7. Homestay Sharon

penginapan di dieng dengan view terbaik - homestay sharon
Sumber: Homestay Sharon

Homestay satu ini terletak di desa Dieng, dekat dengan tempat wisata seperti Bukit Skoter. Rumah ini terletak di antara pemukiman penduduk, sehingga mudah untuk mendapatkan akses ke warung-warung, ATM, dan toko-toko kecil.

Desain interior dari Homestay Sharon juga cukup modern dengan fasilitas yang memadai. Tempat ini cocok untuk menginap lama karena kamu bisa mendapatkan air panas, Wifi, TV, dan lain-lain.

  • Alamat: Jl. Dwarawati, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
  • Harga: Mulai dari Rp1.100.000/malam* (satu rumah)

8. Homestay Acacia

penginapan di dieng dengan view terbaik - homestay acacia
Sumber: Homestay Acacia

Homestay Acacia terletak berdekatan dengan berbagai objek wisata seperti Candi Arjuna, Telaga Warna, Bukit Sikunir, dan Kawah Sikidang. Dari rumah ini, kamu bisa menikmati pemandangan Gunung Kendil, Gunung Sindoro, dan Candi Arjuna, lho!

Tempat penginapan ini memiliki 5 jenis kamar tidur yang berbeda-beda. Fasilitas seperti TV, dapur, Wifi juga tersedia di Homestay Acacia.

  • Alamat: Jl Raya Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456
  • Harga: Mulai dari Rp350.000/malam*

Itu dia rekomendasi homestay yang bisa kamu coba di Dieng. Kapan lagi bisa bangun dan kembali tidur dengan melihat pemandangan yang asri? Nah, kalau gitu tahap selanjutnya adalah memikirkan packing barang dan pengiriman barang-barang kamu.

Siapa tahu, kamu gak cuma mau homestay, tapi juga mau pindah ke daerah Dieng di Jawa Tengah? Kalau soal urusan jasa pindahan mending kamu serahin aja langsung ke Pilar Utama. Yes, Pilar Utama adalah jasa pindahan yang bisa kamu percaya untuk mengemas dan mengantar barang-barang muatan besar dan banyak sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Soalnya Pilar Utama menyediakan berbagai armada yang pastinya cocok buat kebutuhan kamu. Jasa pindahan yang gak pernah semudah ini!

Intip 8 Cara Ini Jika Kamu Ingin Memulai Bisnis dari Nol! Dijamin Sukses!

Intip 8 Cara Ini Jika Kamu Ingin Memulai Bisnis dari Nol! Dijamin Sukses!

Intip 8 Cara Ini Jika Kamu Ingin Memulai Bisnis dari Nol! Dijamin Sukses!

Terkadang, langkah awal untuk memulai sebuah bisnis terasa sulit. Hal itu terjadi karena banyak pertimbangan dan keyakinan yang harus diteguhkan sejak awal. Tidak hanya itu, upaya yang besar juga dibutuhkan untuk memulai dan membuat bisnis menjadi sukses dan meraih banyak keuntungan.

Memikirkan hal tersebut, membuat banyak orang memilih untuk mundur sebelum memulai sebuah bisnis. Padahal, tidak sedikit pebisnis yang sukses dengan memulai usahanya dari modal dan tempat seadanya, lalu seiring berjalannya waktu mereka meraih kesuksesan.

Hal itu dicapai melalui kerja keras serta cerdas. Maka itu, bagi kamu yang ingin memulai usaha, jangan merasa takut dulu, lakukan beberapa langkah di bawah ini agar kamu bisa memulai bisnis kamu dari nol hingga sukses.

Tentukan Produk

Menentukan produk apa yang ingin dijual merupakan langkah awal yang harus dilakukan. Kamu bisa melakukan banyak riset untuk menentukan produk ini. Produk tidak hanya berbentuk barang, tetapi juga bisa berbentuk jasa. Jika kamu memiliki skill yang bisa dijadikan produk jasa, kamu dapat menjualnya juga.

Sangat disarankan, untuk memilih produk yang memang disukai atau memiliki passion di dalamnya. Hal ini akan membuat kamu lebih bersemangat dan mau menghadapi berbagai rintangan sehingga bisa lebih cepat meraih kesuksesan.

Susun Rencana Bisnis yang Matang

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk memulai bisnis dari nol adalah menyusun rencana bisnis dengan matang. Ini merupakan salah satu kunci sukses usaha. Dengan menentukan rencana serta visi misi, kamu akan mendapatkan gambaran serta tujuan yang ingin dicapai dalam bisnis ini, mulai dari target pasar, rencana pemasaran dan lain sebagainya.

Dengan adanya perencanaan ini, kamu bisa melangkah sesuai jalur dan tetap fokus pada tujuan. Rencana ini juga akan memudahkan kita dalam melakukan pinjaman, menemukan investor, dan menilai apakah usaha yang dijalankan memungkinkan untuk dimulai dan dikembangkan.

Siapkan Modal

Pastikan kamu mencatat dan menghitung secara terperinci apa saja yang dibutuhkan dalam bisnis kamu. Ini akan membantu kamu untuk menentukan seberapa besar modal yang dibutuhkan. Sangat disarankan untuk menyiasati beberapa hal yang sekiranya dapat menekan modal.

Karena pada saat ini, memulai usaha tidak melulu harus memiliki modal besar. Kamu bisa mengakali banyak hal untuk menjadikan usaha yang kamu inginkan dibangun hanya dengan modal kecil. Kamu dapat memulainya secara kecil-kecilan terlebih dahulu, seperti memanfaatkan media sosial yang gratis untuk menjalankan promosi.

Fokus Pada Satu Bisnis

Banyaknya ide yang kamu miliki memang membuat kamu ingin mengeksekusi semuanya. Namun, hal tersebut akan membuat kamu kesulitan nantinya. Bisnis yang dijalani pun akan terasa sulit. Maka itu, berfokus pada satu bisnis akan membawa kamu kepada keuntungan karena pikiran dan tenaga hanya ditujukan untuk perkembangan satu bisnis saja.

Pastikan usaha yang saat ini sudah benar-benar stabil, baik dari segi modal, SDM, maupun kebutuhan-kebutuhan lainnya. Jadi, nantinya kamu baru bisa membuat rencana bisnis selanjutnya.

Lakukan Pengelolaan Keuangan yang Baik

Manajemen keuangan tidak dilakukan ketika usaha sudah tumbuh dan besar saja. Pengelolaan keuangan bisnis yang dilakukan sejak awal akan mempermudah kamu untuk mengembangkan bisnis.

Kamu bisa memulainya dengan mencatat segala transaksi yang dilakukan, baik sebelum maupun setelah penjualan. Kini, sudah banyak tersebar aplikasi akuntansi yang dapat memudahkan pencatatan keuangan bisnis kamu.

Disiplin Waktu

Memiliki manajemen waktu yang baik, merupakan salah satu kunci sukses bisnis yang kamu jalani. Meskipun terkadang sulit untuk dijalankan, kamu harus menanamkan prinsip ‘semua bisa karena terbiasa’ karena hal ini berpengaruh nantinya terhadap pengelolaan dan pengembangan bisnis yang dijalankan.

Ketika kamu terus berpikir bahwa bisnis ini masih kecil-kecil dan tidak perlu pengelolaan secara terus-menerus, nantinya kamu akan terbiasa akan hal itu. Maka itu, disiplin waktu sangat penting untuk diterapkan baik untuk usaha kecil atau besar. Kamu bisa mulai dari menentukan jam operasional bisnis kamu.

Terus Belajar dan Membuka Diri

Ketika kamu sudah terjun ke dalam dunia bisnis, kamu akan dituntut untuk terus belajar. Saat ini, sudah banyak sekali tersebar berbagai sumber pembelajaran tentang bisnis pada bidangnya masing-masing. Kamu bisa mempelajarinya melalui media sosial, website, komunitas, kelas online, pelatihan khusus, dan sebagainya.

Di sisi lain, belajar tidak hanya dari sumber ajar tersebut saja, kamu juga bisa belajar dari kritik dan nasihat dari orang lain terhadap bisnis kamu. Cobalah untuk terbuka akan hal ini karena Ini akan sangat berguna untuk mengevaluasi bisnis agar terus berkembang.

Selain itu, lakukan juga riset pasar secara berkala pada bisnis kamu. Dinamika pasar menjadi penting adanya karena kamu akan tau siapa yang akan menjadi kompetitor, bagaimana karakteristik target pasar bisnis yang dijalani, serta permintaan apa saja yang dapat menjadi peluang di bisnis kamu.

Jangan Takut Gagal

Dalam hal berbisnis, kegagalan menjadi hal yang lumrah terjadi. Ketika kamu sudah gagal di awal dan takut untuk maju dan berkembang lagi, hal itu akan menyulitkan kamu untuk menjadikan bisnis kamu sukses. Memulai bisnis dari nol juga artinya kamu siap akan segala risiko terjadinya kegagalan.

Maka itu, kamu harus bisa meyakinkan diri sendiri dan buang jauh-jauh segala ketakutan mengenai kegagalan. Seorang pebisnis sejati pasti akan mampu untuk bangkit dan bisa belajar dari kegagalan tersebut.

Jangan mencoba untuk mundur, jika kegagalan tersebut masih bisa diselamatkan oleh kegigihan diri kamu dalam menjalani bisnis ini. Bila ada rencana yang tidak sesuai dan itu membawa bisnis yang dijalani kepada kegagalan, kamu harus siap untuk menghadapi rintangan itu.

Jika kamu sudah mantap untuk menjalankan bisnis dan mulai mencicil barang-barang sesuai dengan bisnis yang akan kamu jalani, kamu bisa banget menggunakan jasa pindah Pilar Utama untuk mengangkut semua kebutuhan usaha kamu. Jasa pindah Pilar Utama menyediakan berbagai macam armada sehingga kamu bisa memilih armada yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tidak hanya itu, jasa pindah Pilar Utama juga melayani pindahan loh! Pokoknya, kalau mau pindahan, ingat selalu jasa pindah Pilar Utama ya!

Mau Pindah Rumah? Ini 5 Tips Memilih Rumah dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui!

Mau Pindah Rumah? Ini 5 Tips Memilih Rumah dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui!

Mau Pindah Rumah? Ini 5 Tips Memilih Rumah dalam Islam yang Perlu Kamu Ketahui!

Memiliki rumah sendiri menjadi keputusan besar yang harus kita ambil dalam hidup. Sebab, ini menjadi langkah awal kita untuk bisa hidup lebih mandiri dan disiplin.

Dalam Islam, saat memilih rumah ada beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan. Rumah dipilih bukan hanya berdasarkan lokasi, desain dan ukuran. Tapi, juga pilih lingkungan yang baik, sebab ada adab bertetangga yang harus selalu kita lakukan.

Berikut ini beberapa tips memilih rumah berdasarkan hukum Islam. Simak dan perhatikan bersama, yuk!

Lihat sekeliling, dengan siapa kita bertetangga

Pada hakikatnya, rumah adalah tempat kita beristirahat setelah melalui hari panjang yang melelahkan. Kita membutuhkan suasana tenang di rumah agar dapat beristirahat dengan nyaman. Namun, jika lingkungan tempat tinggal kita malah berisik, tentu kita tidak dapat beristirahat dengan tenang, bukan?

Dalam Alquran, rumah digambarkan dalam dua kata, yakni bait yang memiliki makna tempat tinggal, serta yang kedua adalah sakan, yang berarti tempat ketenangan. Tentunya, kita ingin dua penggambaran ini dapat kita rasakan di rumah.

Maka dari itu, supaya kita bisa merasakan ketenangan di rumah, pilihlah lokasi rumah sebelum membeli atau menyewanya. Perhatikan ke sekeliling dengan siapa kita bertetangga nantinya. Jika lingkungan rumah yang akan kita beli tersebut terlalu bising, ada baiknya untuk mempertimbangkan lokasi lain yang lebih tenang.

Ukuran bukan jadi masalah, asalkan kebutuhan ruangan terpenuhi

Dalam Islam, ukuran rumah bukan masalah yang besar saat memilih rumah. Ukuran berapa pun tidak menjadi masalah asalkan kebutuhan ruangan para anggota keluarganya tercukupi dengan baik.

Misalnya, rumah harus memiliki ruang tamu atau lobi. Sehingga, jika ada seseorang datang berkunjung, mereka tidak akan melihat aktivitas pribadi anggota keluarga di rumah.

Selain itu, kebutuhan ruangan yang harus ada dalam memilih rumah adalah ruangan untuk beribadah, ruangan untuk membersihkan diri, serta ruangan untuk beristirahat.

Rumah dapat menjaga privasi para penghuninya

Tips memilih rumah selanjutnya dalam Islam adalah dapat menjaga privasi para penghuninya. Rumah yang baik memiliki ruangan yang teratur, meski ukurannya tidaklah besar.

Misalnya, ruang tamu harus memiliki sekat. Alasannya, agar tamu tidak dapat melihat aktivitas yang sedang dilakukan para penghuni rumah. Selain itu, privasi dapat pula berbentuk kamar. Yakni, satu kamar khusus untuk suami-istri, serta memisahkan kamar anak laki-laki dan perempuan sedari kecil.

Tidak bermegah-megahan

Membangun rumah sesuai dengan keinginan kita tentu menjadi impian setiap orang. Namun, dalam Islam, Allah SWT sudah memperingatkan untuk tidak bermegah-megah dalam membuat bangunan. Peringatan tersebut tertulis dalam Surat At-Takastur berikut ini.

أَلْهَىٰكُمُ ٱلتَّكَاثُرُ. حَتَّىٰ زُرْتُمُ ٱلْمَقَابِرَ. كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ. ثُمَّ كَلَّا سَوْفَ تَعْلَمُونَ. كَلَّا لَوْ تَعْلَمُونَ عِلْمَ ٱلْيَقِينِ. لَتَرَوُنَّ ٱلْجَحِيمَ. ثُمَّ لَتَرَوُنَّهَا عَيْنَ ٱلْيَقِينِ. ثُمَّ لَتُسْـَٔلُنَّ يَوْمَئِذٍ عَنِ ٱلنَّعِيمِ

Artinya: “Bermegah-megahan telah melalaikan kamu, sampai kamu masuk ke dalam kubur. Janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui (akibat perbuatanmu itu), dan janganlah begitu, kelak kamu akan mengetahui.

Janganlah begitu, jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang yakin, niscaya kamu benar-benar akan melihat neraka jahim, dan Sesungguhnya kamu benar-benar akan melihatnya dengan ‘ainul yaqin.

Kemudian kamu pasti akan ditanyai pada hari itu tentang kenikmatan (yang kamu megah-megahkan di dunia itu).” (QS. At-Takatsur)

Maka dari itu, saat membuat rumah kelak, tetap memperhatikan kenyamanan, namun jangan sampai terlalu bermegah-megahan, ya, Bela.

Selalu menjaga kebersihan

Dalam hadisnya, Rasulullah SAW pernah bersabda sebagai berikut:

عَنْ سَعْدِبْنِ اَبِى وَقَّاصٍ عَنْ اَبِيْهِ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِنَّ اللهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيْفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيْمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌيُحِبُّ الْجَوَادَفَنَظِّفُوْااَفْنَيْتَكُمْ

“An sa’dibni abi waqqasin ’an abihi ’aninnabiyyi sallallahu ’alaihi wasallama innallaha tayyibun yuhibbuttayyiba nadifun yuhibbunnadifa karimun yuhibbulkarama jawadun yuhibbuljawada fanaddifu afnaitakum.”

Artinya: “Dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu.” (HR. Tirmizi).

Oleh karena itu, di mana pun rumah kita berada nantinya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihannya. Sebab, rumah yang bersih akan mencerminkan pemiliknya dan membuat seluruh penghuni rumah menjadi lebih sehat.

Itulah tadi tips memilih rumah dalam Islam. Semoga kita bisa menerapkannya saat memilih tempat tinggal nanti, ya!

Kamu mau pindah rumah tapi masih bingung mau menggunakan jasa darimana? Tenang saja… Kini jasa pindah Pilar Utama hadir untuk menjadi teman baik kamu saat pindahan rumah nih! Jasa pindah Pilar Utama akan memastikan perabotan rumahmu aman dari rumah lama sampai ke rumah baru. Pokoknya, kalau mau pindahan, ingat jasa pindah Pilar Utama selalu ya!

7 Cara Ampuh Bersihkan Karat pada Besi, Dijamin Rontok!

7 Cara Ampuh Bersihkan Karat pada Besi, Dijamin Rontok!

Tidak jarang benda-benda yang terbuat dari besi tidak dapat dipakai lagi atau rusak karena karatan. Karatan umumnya terjadi karena pengaruh oksigen, air, serta arus listrik yang bereaksi dengan klorida, hidrogen dan bakteri.

Karatan pada besi juga bisa terjadi pada perabot atau peralatan yang ada di dalam rumah. Seperti pagar, gembok, kunci bahkan peralatan makan juga bisa terkena karat. Selain tidak indah dipandang, karatan pada peralatan makan dapat mempengaruhi rasa masakan bahkan kesehatan bagi penggunanya.

Membasmi karat membandel bisa dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Lewat bahan yang dapat ditemukan sehari-hari, seperti lemon, saos tomat dan cuka bisa dengan ampuh menghilangkan karat pada besi.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan karat pada besi. Mulai dari menggunakan bahan alami hingga bahan kimia. Berikut ini cara membersihkan karat pada besi dengan ampuh

1. Saos Tomat

Saos tomat mengandung asam asetat yang ampuh untuk menghilangkan karat pada besi. Saos tomat juga bisa digunakan pada permukaan tembaga, kuningan, dan stainless steel.

Kamu cukup mengoleskan saos tomat pada area yang berkarat. Lalu, diamkan selama 30 menit dan gosok menggunakan sikat besi. Setelah itu, bilas area tersebut dengan air dan lap dengan kain bersih hingga kering untuk mencegah karat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencampur saos tomat dengan cuka untuk meningkatkan tingkat keasamannya.

2. Cuka

Cara selanjutnya untuk menghilangkan karat pada besi adalah dengan menggunakan cuka. Tidak hanya cuka dapur, kamu juga bisa menggunakan cuka putih atau cuka apel, lho!

Caranya adalah dengan merendam permukaan berkarat dalam mungkuk cuka dan diamkan selama semalaman. Setelah dikeluarkan dari rendaman cuka, kamu bisa menggosok permukaan yang berkarat menggunakan sikat baja atau sikat kawat.

Jika ada karat yang tersisa, kamu bisa ulangi kembali merendam benda tersebut dengan waktu yang lebih lama. Setelah itu, cuci benda dengan sabun dan air kemudian keringkan sampai bersih.

3. Minuman Bersoda

Selain sebagai minuman penyegar, minuman bersoda juga ternyata mengandung asam folat dan asam sitrat yang bisa menghilangkan karat pada besi. Caranya pun juga cukup mudah.

Tuangkan minuman bersoda pada wadah dan rendam benda yang berkarat dalam wadah tersebut. Diamkan selama kurang lebih semalaman atau hingga karat memudar. Setelah itu, bersihkan benda dengan sabun dan air.

Jangan lupa untuk keringkan benda dengan lap bersih untuk mencegah karat, ya!

4. Garam, Soda Kue dan Lemon

Kombinasi bahan dapur seperti garam, soda kue dan lemon ternyata bisa menghilangkan karat pada besi. Caranya sangat mudah dan ketiga bahan tersebut pun mudah ditemui di dalam rumah.

Pertama-tama campurkan setengah sendok makan garam dan setengah sendok makan bubuk soda kue ke dalam wadah. Lalu, tuangkan air perasan lemon secukupnya sampai konsistensinya menyerupai pasta. Diamkan campuran tersebut selama kurang lebih dua jam.

Setelah itu, kamu bisa oleskan pasta ke area benda yang berkarat. Diamkan selama beberapa saat sampai karat memudar. Setelah itu, kamu bisa bersihkan sisa pasta dengan air dan keringkan dengan kain lap.

5. Kentang dan Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan karat pada besi selanjutnya adalah dengan menggunakan kombinasi kentang dan sabun cuci piring. Kentang mengandung oxalic acid yang ampuh melarutkan karat pada besi.

Caranya pertama adalah dengan memotong kentang menjadi lapisan-lapisan tipis. Kamu juga bisa menggunakan blender atau menumbuk kentang hingga halus. Kentang halus atau irisan kentang tersebut kemudian dicampur dengan sabun cuci piring secukupnya.

Aduk campuran tersebut hingga merata dan oleskan ke area yang berkarat. Biarkan selama beberapa jam agar campuran kentang meresap ke dalam lapisan besi. Setelah itu, gunakan sikat besi untuk menggosok sisa-sisa karat yang menempel. Jika sudah, bersihkan area dengan kain kering.

6. Kertas Ampelas

Perabot rumah tangga biasanya menggunakan kertas ampelas untuk membuat permukaan menjadi lebih halus atau rata. Begitu juga dengan permukaan besi, kertas ampelas dapat dengan ampuh meratakan hingga menghilangkan karat pada besi.

Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menggosokkan ampelas ke permukaan yang berkarat. Gosok ampelas dengan perlahan sampai karatan pada benda hilang. Perlu diingat untuk menggosok hanya sampai karat pada benda hilang. Jika tidak hati-hati, kertas ampelas dapat merusak benda.

7. Bubuk Asam Sitrat

Cara ampuh terakhir untuk menghilangkan karat pada besi adalah dengan menggunakan bubuk asam sitrat. Bahan ini dapat dengan mudah kamu temukan di toko perlengkapan kue.

Kamu cukup melarutkan bubuk asam sitrat dengan air hangat secukupnya dalam sebuah wadah, kemudian rendam benda yang berkarat ke dalam wadahnya.

Tips Pindahan Kantor yang Hemat dan Efektif, Apa Saja?

Tips Pindahan Kantor yang Hemat dan Efektif, Apa Saja?

Tips Pindahan Kantor yang Hemat dan Efektif, Apa Saja?

Ada kalanya ketika ingin pindah kantor, rasa excited dan tak sabar ingin mendekorasi meja kantor baru pasti begitu terasa. Apalagi dengan adanya ruang sosial baru akan membuat semangat kerja lebih baik dari sebelumnya. Namun sebelum itu penting untuk memperhatikan persiapan terlebih dahulu agar saat waktunya tiba terkesan tak buru-buru bahkan ada sesuatu yang tertinggal.

Nyatanya banyak orang yang melupakan tata cara berpindah kantor yang rapi dan sistematis. kurangnya pemahaman mengenai cara yang mudah dan tips pindah kantor adalah kesalahan yang besar.

Memindahkan barang yang berada dalam kantor merupakan hal yang tak mudah dilakukan. terdapat berbagai jenis aset-aset berharga yang harus terjaga dan rapi dengan baik. Segala sesuatu yang akan dikerjakan kantor tent memiliki pengukuran yang cerma agar tak terjadi hal yang merugikan kantor.

Seluruh karyawan, termasuk atasan bagian yang memperhitungkan biaya, waktu, human resource dan lain-lain perlu memiliki tips supaya saat pindahan kantor tidsk ada sumber daya yang menghilang. Salah satunya adalah saat ingin berpindah kantor.

Untuk kamu yang ingin pindahan kantor, simak tips menarik di bawah ini yuk!

Perencanaan Matang

Kenapa kantor kita harus pindah? Apakah karena faktor memang memiliki perkembangan yang baik sehingga membutuhkan banyak sumber daya manusia yang tak bisa tertampung pada kantor lama. Atau justru karena ingin lebih hemat dalam hal pembayaran kontrak gedung. Dari Sinilah langkah-langkah selanjutnya akan menjadi lebih tepat sasaran. Pengeluarannya juga tidak akan melebihi dari yang diperkirakan.

Siapkan Denah Kantor Baru

Kenapa kita perlu menyiapkan denah untuk kantor baru? Denah kantor baru akan sangat berguna untuk memberikan informasi kepada seluruh karyawan dan staf tentang dimana mereka akan mendapatkan ruangan. Serta bagaimana cara berinteraksi dengan karyawan dari divisi lain. Karena tentunya antara satu divisi dengan divisi lainnya perlu suatu komunikasi. Pemetaan denah ini bisa terlaksana secara bersamaan dengan General Manager, Human Resource, Designer dan PIC (Person in Charge) dari masing-masing divisi.

Pilih Jenis Kontrak Kantor Baru

Bagi beberapa perusahaan yang baru mulai merintis dari startup memilih jasa sewa kantor yang fleksibel dan lebih rekomendasi. Terutama bagi startup yang belum memiliki dana lebih dan belum memiliki keyakinan untuk dapat berkembang lebih besar dan bertahan lebih lama.

Pastikan Keadaan Kantor Siap Pakai

Tidak menutup kemungkinan jika ada salah satu fasilitas kantor yang tak dapat berfungsi dengan baik, bahkan justru tidak memiliki fasilitas tersebut. Apa saja? Seperti fasilitas air, toilet, listrik, layar, proyektor, ac, kabel telepon, Internet dan fasilitas lainnya. Jika pemilik penyewaan kantor baru tersebut tak menyediakannya sebaiknya kita sediakan sendiri. Karena semua fasilitas ini demi kebaikan seluruh karyawan dan staf serta untuk kepentingan perkembangan perusahaan.

Organisasikan dengan Seluruh Tim

Pindah Kantor sudah menjadi konsekuensi bagi seluruh karyawan. Ajak mereka untuk bersedia mengemas barang-barangnya yang diperlukan selama bekerja. Dengan ini bisa menghemat biaya karena tak memerlukan jasa angkut barang yang ada di luar.

Packing Semua Kebutuhan

Tips pindah kantor yang pertama adalah mengenai packing barang. Langkah awal sebelum anda melakukan packing sebaiknya persiapan barang yang menunjang seperti lakban, Label, Sticky Note, Kardus, Box Plastik berukuran besar/jumbo, bubble wrap dan spidol.

Beberapa barang tersebut adalah perlengkapan wajib yang harus tersedia sebelum mulai packing. Sebabnya ketika anda belum menyiapkan barang wajib tersebut dalam proses packing akan lebih membuang waktu.

Meskipun persiapan perlengkapan barang wajib adalah salah satu kunci utama dari tips pindah kantor. Namun yang tak kalah penting yaitu anda harus mengetahui barang yang bisa tergabung menjadi satu dalam box. Selain itu perlu pula membersihkan barang yang akan masuk ke packing dan tersusun dalam satu tempat yang sama agar praktis ketika proses penyusunan dalam kardus box.

Beri Penanggung jawab untuk setiap Barang

Selain dari perlengkapan wajib siap, anda juga harus menentukan penanggung jawab dari setiap barang yang ada pada kantor. Ini merupakan bagian penting dari tips pindah kantor yang sistematis. Sebab dengan ada penanggung jawab pada setiap barang tentu akan memudahkan proses koordinasi dalam proses pemindahan menuju tempat baru.

Dokumentasikan dalam Spreadsheet/Excel

Proses selanjutnya adalah dokumentasi. Dokumentasi ini akan memudahkan untuk mengetahui barang apa saja yang berada pada setiap box. Sebab pada dasarnya kondisi kantor dengan barang banyak tidak akan mampu pada memori manusia ketika barang tersebut sudah tersusun rapi dalam box.

Tips Pindahan kantor dengan dokumentasi ini adalah kunci utama untuk mengingat barang, mengetahui jumlah barang dan mengecek kembali barang yang ada dalam box. Proses dokumentasi ini sebaiknya anda catat di spreadsheet atau Excel. Lakukan pencatatan sebelum mulai packing dengan sedetail mungkin. Untuk menyesuaikan fungsi, tempat dan kebutuhan dari barang tersebut.

Gunakan Jasa Ekspedisi Pindahan Terbaik

Pilar adalah jasa pengirim terbaik untuk memudahkan setiap orang maupun perusahaan mengirim barang yang mudah, aman dan murah. Pengiriman barang melalui Pilar akan terjamin keamanannya. Jadi kalau kamu mau pindahan, bareng Pilar aja ya!

Mau Mulai Usaha Toko Kelontong? Baca Tips Ini Yuk!

Mau Mulai Usaha Toko Kelontong? Baca Tips Ini Yuk!

Mau Mulai Usaha Toko Kelontong? Baca Tips Ini Yuk!

Kehadiran mini market dengan sistem swalayan kini lebih populer dibandingkan dengan toko kelontong. Padahal harga jual toko kelontong lebih murah dibandingkan swalayan.

Apa yang membuat toko kelontong ditinggalkan?

Pernahkah Anda perhatikan sistem toko kelontong sejak dahulu hingga saat ini?

Tak ada perbedaan yang mencolok. Absennya inovasi yang membuat mereka ditinggalkan.

Tak ada salahnya jika Anda ingin berbisnis di bidang ini. Namun Anda harus menyiapkan inovasi dan strategi bisnis yang lebih segar untuk bersaing dengan toko swalayan.

Sebelum membasah lebih jauh, sebaiknya Anda memahami tips memulai usaha toko kelontong di bawah ini.

Berikut ini ada 7 hal dasar yang dapat Anda pelajari untuk mempersiapkan bisnis toko kelontong agar sukses dan cepat berkembang.

1. Lokasi yang Tepat

Lokasi menjadi hal paling penting dalam membangun sebuah toko kelontong. Sedikit atau banyaknya pembeli sangat ditentukan oleh letak toko.

Toko kelontong biasanya menyediakan kebutuhan pokok untuk rumah tangga. Jadi, lokasi yang paling tepat dan strategis adalah di tengah pemukiman.

Lokasi toko yang lebih dekat sangat disukai oleh masyarakat sekitar karena mereka tak perlu berjalan jauh untuk membeli keperluan.

Anda tak perlu menyewa ruko karena bisa memanfaatkan rumah sebagai lokasi toko. Dengan begitu, modal yang Anda perlukan menjadi lebih sedikit.

Dalam memilih lokasi, perhatikanlah keberadaan saingan. Jangan sampai Anda membangun toko kelontong di samping minimarket. Hal ini dapat menyulitkan Anda dalam merintis usaha.

2. Kenali Calon Konsumen

Setelah mendapatkan lokasi, sekarang waktunya Anda untuk mengenal calon konsumen. Konsumen memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Sebaiknya lakukan survei untuk memastikan barang yang Anda jual benar-benar dibutuhkan masyarakat.

Dengan mengetahui kebutuhan masyarakat, Anda dapat segera menghitung besaran modal yang dibutuhkan untuk membeli barang dagangan pertama.

Selain survei kebutuhan masyarakat, Anda juga harus memastikan tidak ada saingan di lingkungan itu. Persaingan antar toko kelontong cukup berat karena target pasar tidak begitu luas.

Keuntungan yang didapat dari bisnis ini pun tidak langsung berjumlah besar.

Jangan lupa untuk melakukan survei terhadap aturan pemerintah terhadap usaha toko kelontong. Cari tahu besaran pajak yang mungkin dikenakan pada bisnis ini.

3. Modal Usaha

Ketika Anda ingin memulai sebuah bisnis, sebaiknya gunakanlah uang tabungan. Mengambil kredit usaha dari bank memang tidak salah. Namun cara ini tidak dianjurkan.

Sebab Anda belum dapat memastikan bahwa bisnis yang akan Anda mulai dapat berjalan mulus atau tidak. Melihat kondisi seperti ini, akan sangat berisiko jika Anda mengambil kredit dari bank.

Jika modal yang Anda miliki kurang dan terpaksa meminjam dari bank, pilihlah bunga yang paling rendah.

Anda juga harus menghitung dengan teliti agar keuntungan yang didapatkan dari warung kelontong dapat menutup angsuran setiap bulan.

Masih berkaitan dengan modal, pisahkanlah uang menjadi dua kelompok. Kelompok pertama yaitu uang usaha sedangkan yang kedua merupakan uang pribadi.

Kedua kelompok uang ini memang milik Anda. Namun sebaiknya Anda memisahkannya untuk mempermudah pengelolaan keuangan.

4. Mencari Bahan Baku yang Murah

Kini modal sudah di tangan dan saatnya Anda berbelanja barang-barang untuk dijual. Kegiatan ini sering disebut sebagai “kulakan”.

Mencari grosir barang dagangan dengan harga murah menjadi tips memulai usaha toko kelontong yang ke empat. Semakin murah harga barang dagangan, akan semakin besar pula keuntungan yang Anda memperoleh keuntungan.

Harga barang di pasar tradiosional biasanya lebih murah dibandingkan dengan toko grosir ternama. Barang yang dijual di pasar pun tak kalah lengkap.

Jika Anda ingin menjual beras, sebaiknya beli langsung dari petani. Anda juga bisa membelinya dari penggilingan. Harga yang Anda dapatkan akan lebih rendah daripada distributor.

Untuk meningkatkan minat pembeli, Anda bisa menjual beberapa barang dengan potongan harga. Diskon bisa Anda terapkan untuk barang yang menghasilkan keuntungan paling besar.

Ada banyak metode yang dapat Anda pakai untuk memberi diskon. Misalnya potongan harga secara langsung.

Pilihan lainnya, Anda bisa memberi diskon apabila konsumen telah mencapai batas minimal pembelian. Cara ini dinilai cukup efektif untuk mengenalkan toko kelontong kepada masyarakat.

5. Membuat Toko yang Menarik

Anda pasti sudah memahami dan dapat membayangkan bagaimana kondisi di toko kelontong. Ada etalase dan barang dagangan yang menggantung di atasnya. Kemudian penjual melayani dari balik etalase.

Jika Anda ingin memiliki bisnis toko kelontong yang sukses, cobalah untuk melakukan inovasi. Sebaiknya barang dagangan ditata sedemikian rupa agar tampak lebih rapi.

Pembeli akan menyukai penataan seperti ini. Selain itu, Anda dan pembeli juga dapat lebih mudah memilih barang.

Pisahkan barang-barang jualan sesuai dengan jenisnya. Misalnya ada rak tersendiri untuk berbagai macam gula pasir, teh, dan kopi.

Sedangkan barang seperti detergen diletakkan di tempat berbeda. Tak ada salahnya Anda meniru display yang biasanya ditemui pada mini market dan toko swalayan.

Letakkan barang yang data lebih awal di bagian depan atau bagian atas. Tujuannya agar barang tersebut dapat terjual lebih awal.

Selalu perhatikan tanggal kedaluwarsa dari semua produk yang Anda jual. Jangan sampai Anda memberikan barang yang tak layak kepada konsumen.

Selain berbahaya, konsumen juga bisa pergi apabila Anda melakukan kelalaian seperti ini.

Anda juga bisa simak artikel tips membuka usaha warung sembako untuk menambah wawasan bagaimana memulai usaha kecil-kecilan.

6. Memberikan Pelayanan yang Baik

Kualitas pelayanan menjadi ujung tombak dari setiap bisnis perdagangan. Orang akan lebih senang berkunjung ke toko yang harga jualnya lebih tinggi namun pelayanannya ramah.

Jadi, harga murah saja tidak cukup untuk menarik perhatian pelanggan. Jika Anda bisa memberikan harga yang lebih rendah serta pelayanan yang baik, mengapa tak lakukan keduanya?

Jangan lupa tersenyum kepada pelanggan yang mampir ke toko Anda. Usahakan untuk selalu berterima kasih atas kunjungan pelanggan tersebut.

Dengan cara ini, konsumen pun tidak enggan untuk bersikap baik kepada Anda. Kualitas pelayanan yang baik akan menambah penilaian positif terhadap bisnis Anda.

7. Pembukuan

Hal terakhir namun paling penting dalam menjalankan bisnis yaitu pembukuan. Banyak pemilik toko kelontong yang kebingungan dengan arus dana usaha karena tidak memiliki pembukuan toko kelontong itu sendiri.

Pembukuan umumnya berisi keterangan tentang jumlah dana yang keluar dan masuk. Dengan data ini, Anda dapat melacak jejak keuangan dengan lebih mudah. Keuntungan dan kerugian pun dapat ditentukan dengan lebih mudah.

Nah, itu dia 7 tips yang bisa kamu terapkan jika kamu berniat untuk membuka sebuah toko kelontong. Jika kamu membutuhkan jasa angkut barang untuk di toko barumu, kamu bisa banget menggunakan jasa Pilar. Dengan Pilar, semuanya terasa lebih mudah dan tak akan terasa melelahkan. Jadikan Pilar sebagai teman baikmu dalam hal angkut-mangangkut barang, ya!

error: Content is protected !!